Minggu, 21 Maret 2010

LATAR BELAKANG



INDONESIA, bangsa sekaligus negara kepulauan yang menyimpan keberagaman budaya, mulai dari bahasa, adat-istiadat, hingga berbagai kerajinan yang memiliki khas masing-masing daerah. Begitu banyak yang bisa dibanggakan dan diwariskan untuk generasi penerus bangsa ini. Begitu banyak hal yang bisa menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara yang besar.

Saat ini, seiring berkembangnya teknologi, masyarakat semakin mudah untuk medapatkan informasi dari luar. Secara tidak langsung informasi yang mereka dapatkan mempengaruhi pemikiran dan cara hidup masyarakat. Mulai dari makanan, pakaian, pola hidup, dan banyak lagi. Namun masuknya kebudayaan dari luar seakan mulai menggeser keberadaan budaya asli Indonesia. Dan saat ini masyarakat lebih condong untuk memilih kebudayaan asing daripada budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka.

Masih ingat di pikiran kita bagaimana dengan mudahnya budaya kita diklaim oleh negara lain untuk dipatenkan dan menjadi milik mereka. Masyarakat pun tak tinggal diam. Mulai dari anak muda hingga orang nomer satu di Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, ikut bereaksi ketika kasus tersebut muncul. Kita semua marah. Kita tidak ingin budaya kita diklaim oleh negara lain. Tapi mengapa harus ada kasus lebih dahulu sebelum timbul niatan untuk melestarikan budaya nenek moyang kita?

Siapa yang salah? Apakah pemerintah yang lupa untuk mematenkan budaya Indonesia? Apakah gara-gara munculnya kebudayaan asing di Indonesia? Atau masyarakat yang belum tergerak untuk melestarikan budaya Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar